Rabu, 04 November 2009

Menghilangkan Varises



Varises adalah pelebaran dan penambahan jumlah pembuluh darah balik (vena) yang berlebihan dan seperti sarang laba-laba. Umumnya terjadi pada area tungkai bawah, wajah (ukurannya kecil-kecil, disebut telangiektasis), tapi dapat juga pada seluruh tubuh.
Secara awam, varises diasosiasikan dengan benjolan berkelok-kelok berwarna kehijauan yang membayang di tungkai bawah. Untuk jenis ini penyebabnya antara lain keturunan, proses penuaan, pengaruh gravitasi (cairan terkumpul di bagian bawah tungkai karena banyak berdiri, misalnya), dan perubahan hormonal (karena kehamilan atau menopause). Letak varises pada tungkai ada yang di permukaan (terlihat dari permukaan kulit) dan ada yang dalam (tidak terlihat dari luar). Varises yang terletak di dalam bisa menimbulkan rasa pegal dan nyeri berkepanjangan pada tungkai. Juga banyak kasus eksim kulit yang parah sampai menimbulkan koreng besar dan sulit sembuh pada tungkai bawah karena varises jenis ini.


Pengobatan varises tungkai biasanya dilakukan karena alas an keindahan (kosmetika), terutama yang jenis permukaan. Sayang sekali belum ada obatnya yang diminum yang dapat menyembuhkan varises. Ada beberapa obat minum yang diiklankan bisa mengempiskan varises. Katanya obat ini dapat memperlancar peredaran darah. Secara logika itu sulit diterima karena dinding pembuluh darah varises sudah melar seperti balon yang telah ditiup dan mustahil kembali ke bentuk semula.
Jadi saat ini pengobatan terbaik untuk varises tungkai adalah dengan sklerotrepi  yaitu penyuntikan bahan kimia (larutan garam khusus konsentrasi tinggi) langsung ke dalam pembuluh darah varises. Pengobatan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin yang mempunyai sertikikat pengobatan varises atau oleh dokter spesialis bedah pembuluh darah (bedah varises). Tindakan ini tidak boleh sembarangan dokter karena akibatnya bisa fatal kalau salah terapi, yaitu dapat menyebabkan pembusukan kali dan kemungkinan amputasi.



Cara kerja skleroterapi yaitu cairan garam yang disuntikkan akan menyebabkan iritasi pada dinding dalam pembuluh darah sehingga menjadi rusak dan akhirnya diserap oleh tubuh. Injeksi ini akan terasa sedikit panas, nyeri dan terlihat memar kebiruan selama beberapa hari. Varises akan menghilang setelah 2 sampai 6 minggu kemudian. Kadang harus diulang 2-3 kali suntikan lagi dalam jeda 6 mingguan untuk mendapatkan hasil varises yang benar-benar bersih.
Varises yang telah diobati dengan skleroterapi Insya Allah tidak akan muncul lagi. Namun, varises baru tetap bisa timbul pada tempat lain. Skleroterapi relative aman kalau dilakukan dengan benar. Tindakan ini tidak boleh dilakukan pada penderita yang sedang hamil, sakit gula (diabetes mellitus), penyakit sumbatan pembuluh darah, hetitis, dan AIDS. Tindakan ini boleh dilakukan pada ibu, 6 bulan setelah melahirkan.


Penting sekali uapaya pencegahan supaya tidak muncul varises, baik bagi kita yang sehat maupun yang telah menjalani pengobatan. Caranya:
1- Selalu jaga berat badan, jangan samapi gemuk.
2- Setelah banyak beraktivitas dengan berdiri, sebaiknya di rumah kita berbaring terlentang dengan kaki diganjal 1-2 bantal selama sekitar 30 menit – 1 jam.
3- Bagi mereka yang mempunyai riwayat keturunan keluarga penderita varises dan bekerja dengan banyak bediri, sebaiknya setiap hari memakai kaos kaki atau stocing khusus untuk penderita varises yang banyak dijual di apotek-apotek besar.
4- Begitu juga bagi mereka yang bekerja banyak duduk dan untuk lansia yang sudah banyak duduk saja, dianjurkan duduk selonjor sejajar bokong sesering mungkin. Berikan bangku khusus untuk meletakkan kaki agar bisa selonjor. Pekerja yang duduk terus, sebaiknya setiap 1-3 jam sekali berdiri dan berjalan di sekitar meja selama 5 menit untuk memperlancar peredaran darah. Di antara waktu itu, lakukan juga latihan berjinjit beberapa kali.  [dr. Dewi Inong Irana, SpKK. di Majalah Ummi].

1 komentar:

harto mengatakan...

Semoga Kong Jaya n kel. selalu diberikan kesehatan yang baik & keberkahan dalam hidup ini oleh Allah SWT.

Saya kemari cuma mau kasih kabar, bahwa ada award buat Kong Jaya nih silahkan diambil ya Kong.

Trims semoga suksess n tetap semangat

mari tukar bener

Kong Jaya
YANG MAU TUKAR BENNERKU SILAHKAN AMBIL

Kumpul Blogger

Berita Bagus yang Sekarang ini

Cari Blog Ini

7321tamo,gnorbmej,awijajar,igalapul